Berikut Cara Cek TV Digital Atau Belum, Dan Daftar TVnya

Shelatitude ~ Pada kesempatan kali ini kak titud akan menjelaskan bagaimana cara cek tv digital atau belum dengan mudah dan kamu juga bisa ikuti cara yang akan aku jelaskan diartikel ini.

Pastinya kamu juga sudah tahukan kalau siaran tv analog akan dihilangkan  dan diubah menjadi siaran tv digital dan harus segera menggunakan set top box untuk mendapatkan siaran tv digital serta suara dan layar yang jernih.

Tenang saja tidak semuanya harus diganti menggunakan set top box kamu bisa mengubah siaran tv analog menjadi siaran tv digital yaitu kamu perlu cek tv kamu apakah sudah memenuhi syaratnya.

Cara Cek Tv Digital atau Belum

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas kamu bisa mengubah tv analog menjadi siaran tv digital tanpa harus membeli set top box yaitu dengan syarat tv kamu memenuhi persyaratan dan untuk mengetahui apakah tv kamu memenuhi persyaratan tv digital kamu bisa cek dihalaman berikut ini :

Cara cek tv digital atau belum:
  1. Pertama kunjungi laman https://siarandigital.kominfo.go.id/
  2. Lalu pilih menu perangkat tv digital
  3. Dan pilih kategori tv
  4. Selanjutnya tulis merek beserta tipe tv
  5. Jika sudah maka akan muncul keterangan merk dan tipe akan muncul
  6. Tapi jika belum digital akan muncul tulisan
  7. Mohon maaf perangkat anda cari tidak terdaftar pada database kami
  8. Kalian dapat bersabar jika ada tulisan tersebut.
Itulah cara melakukan pengecekan apakah tv kamu sudah digital atau belum, kamu bisa ikuti cara tersebut dan kami juga bisa menggunakan cara lainnya yaitu menggunakan remot di televisi kamu.

Langkah Kedua Untuk Cara Cek TV Digital Atau Belum 

Televisi digital memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dan jernih dibandingkan dengan televisi analog. Selain itu, televisi digital juga memiliki fitur tambahan seperti pause, rewind, dan fast forward yang tidak ada pada televisi analog.

Jika kamu ingin tahu apakah televisi yang kamu gunakan saat ini adalah televisi digital atau analog, kamu dapat mengeceknya dengan cara-cara berikut ini:

1. Cek pada bagian belakang televisi

Pertama, kamu dapat melihat pada bagian belakang televisi. Jika televisi kamu memiliki sinyal antena yang terpisah, maka itu merupakan televisi analog. Sedangkan jika televisi mu memiliki sinyal HDMI (High Definition Multimedia Interface) atau port USB, maka itu merupakan televisi digital.

2. Cek pada menu televisi

Kedua, kamu dapat melihat pada menu televisi. Biasanya, menu pada televisi digital akan memiliki fitur tambahan seperti smart TV, internet, atau streaming. Jika televisi mu tidak memiliki fitur tersebut, maka kemungkinan besar itu adalah televisi analog.

3. Cek pada remot

Ketiga, kamu dapat melihat pada remot televisi. Remot pada televisi digital biasanya memiliki tombol tambahan seperti pause, rewind, dan fast forward. Jika remot televisi kamu tidak memiliki tombol tersebut, maka itu merupakan televisi analog.

4. Cek pada pengaturan

Keempat, dapat mengecek pada pengaturan televisi. Pada televisi digital, Dapat menemukan pengaturan seperti resolusi gambar, pengaturan koneksi internet, dan lain-lain. Jika televisi kalian tidak memiliki pengaturan tersebut, maka kemungkinan besar itu adalah televisi analog.

Daftar Perangkat Tv Digital Tanpa Set Top Box

Adapun daftar perangkat tv digital tanpa set top box bisa kamu lihat dibawah ini karena kak titud akan bagikan tv merek apa saja yang sudah digital sebagai berikut:

Daftar TV Digital Tanpa Set TOP BOX
MITO 5011
Samsung QA55QN85AAKXXD
LG 55QNED80SQA
PANASONIC TH-32H400G
MITO 3255
PANASONIC TH-43HX600G
Lebih lengkap tanyakan di penjual tvnya

Nah itulah daftar daftar tv digital tanpa set top box, sebenarnya setiap daerah itu berbeda televisinya jadi aku menyarankan untuk langsung saja datang ke TOKO TV untuk menanyakan ada tv digital tanpa STB ga? nanti kamu akan diberikan daftarnya lengkap.

Jika kamu ingin mencari siaran tv digital dengan menggunakan atau tanpa set top box bisa baca aritikel aku sebelum nya ya : Cara Mencari Siaran TV Digital

Kesimpulan

Dengan mengetahui apakah televisi yang kamu gunakan saat ini adalah televisi digital atau belum masih analog, kamu dapat memutuskan apakah perlu mengganti televisi kamu dengan yang lebih baru jika tidak kamu bisa beli set top box saja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian.
Baca juga :