Contagious (rahasia di balik produk dan gagasan yang populer)

Judul buku : Contagious (rahasia di balik produk dan gagasan yang populer)
Penulis : Jonah Berger

Kami akan membahas sedikit tentang buku Contagious yang dimana buku ini ditulis oleh jonah berger tanpa basa basi lagi kalian bisa membaca sampai selesai.

Buku ini membicarakan tentang prinsip 6 STEPPS yaitu:

1. Mata uang sosial (Social Currency)
2. Pemicu (Triggers)
3. Emosi (Emotion)
4. Umum (Public)
5. Nilai praktis (Practical Value)
6. Cerita (Stories)

Di summary kali ini saya akan membahasnya satu persatu secara singkat, dan semoga saja bisa bermanfaat untuk yang membacanya atau bahkan menjadi penasaran dengan isi bukunya kemudian membeli dan mengamalkannya.

Menurut penulis dengan menggunakan ke enam STEPPS di atas bisa membuat gagasan kita menjadi buah bibir orang lain, atau dengan kata lain Viral Marketing.

1. Mata uang sosial

Mata uang sosial adalah berupa kebanggaan, contohnya orang – orang akan merasa bangga bila membicarakan atau share konten yang sesuai dengan gagasan Anda.

2. Pemicu

Buatlah suatu gagasan yang mudah diingat oleh orang lain, gagasan yang mudah diingat akan mudah juga untuk melekat dengan masyarakat. Bisa diakali dengan tampilan visual, atau kata – kata unik mungkin.

3. Emosi

Permainkanlah emosi orang lain agar gagasan kita dibagikan oleh orang lain, ini nantinya akan membuat gagasan kita menjadi viral.

Menurut penelitian Okdork yang dilakukan oleh Noah Kagan, emosi yang biasanya memengaruuhi orang untuk share adalah

*kagum
*lucu
*terhibur
*bahagia
*marah

4. Umum

Orang – orang cenderung akan membagikan sebuah gagasan yang sedang populer atau umum dibicarakan orang lain.

5. Mudah di praktekan

Pembaca biasa akan share sebuah gagasan yang mudah untuk dipraktikkan, maka jangan heran dengan gagasan yang bagus tapi hanya mendapat angka share yang sedikit, mungkin saja alasannya sulit dipraktikkan.

6. Cerita

Orang – orang tidak suka dengan konten atau gagasan yang berisi informasi, orang – orang tidak suka dijuali, tapi itu bisa diatasi dengan bercerita. Semua orang mungkin tidak pandai untuk bercerita, tapi semua orang suka baca cerita dibanding dengan hanya informasi.

Baca juga :