Review : Reksa Dana Untuk Pemula 2 - Rudiyanto

Judul Buku: Reksa Dana Untuk Pemula 2
Penulis: Rudiyanto

Di buku ini akan membahas bagaimana cara yang baik dalam berinvestasi dan membangun portofolio reksa dana, bagaimana manajer investasi, melakukan pengelolaan dana, bagaimana memahami hasil rating dan pemeringkatan reksa dana, memahami hak sebagai investor reksa dana, memahami warisan dan hibah pada reksa dana, dan memahami perpajakan dalam investasi reksa dana bisa anda temukan disini.

Reksa dana dibagi menjadi 4 yaitu sebagai berikut:

Instrumen pasar uang adalah investasi yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun. Jadi instrument keuangan seperti giro dan deposito masuk dalam kategori ini. 

Reksa dana pasar uang

Obligasi yang jatuh temponya lebih panjang sekalipun, bisa digolongkan dalam instrument pasar uang. Karena kkupon obligasi umumnya bisa lebih tinggi ketimbang bunga deposito pada umunya bisa lebih tinggi dari bunga deposito, terkadang hasil investasi reksa dana pasar uang bisa lebih tinggi ketimbang bunga deposito pada umumnya.

Selain itu, karena besarnya dana kelolaan yang dimiliki manajer investasi, biasa nya mereka mendapatkan penawaran bunga deposito yang lebih tinggi jika dibandingkan rata-rata pasar. 

Kelebihan lain reksa dana pasar uang adalah kemudahan untuk melakukan pencairan. Sesuai ketentuan, batas waktu pembayaran perintah pencairan reksa dana adalah maksimal 7 hari kerja

Reksa dana pendapatan tetap

Dinamakan demikian karena berinvestasi pada instrument obligasi yang memberikan kupon yang tetap. Seringnya orang yang baru mendengarnya mengira mendapatkan pendapatan tetap. Pada praktinya, tidak tetap sebenernya.

Reksa dana campuran

Reksa dana yang memiliki kebijakan untuk berinvestasi antara 1-79 persen pada saham, obligasi, dan pasar uang. Saat ini ada lebih dari 130 reksa dana campuran di Indonesia. Return dari ini bisa tergantung dari kondisi ihsg. Jika kondisi ihsg bagus maka manajer investasi akan memperbanyak porsi di saham

Reksa dana saham

Seperti dengan namanya maka reksa dana ini bergantung pada kondisi ihsg karena ihsg berhubungan dengan sentiment pasar, valuasi , perubahan kondisi ekonomi atau peraturan terkait perusahaan

Baca juga :