10 Langkah Menjadi Financial Planner Untuk Diri Sendiri

Judul buku : 10 langkah menjadi financial planner untuk diri sendiri

Setelah usia sudah mendekati masa pensiun,banyak orang yang beranggapan bahwa hidup mereka akan “kosong”. Pensiun berarti kita kehilangan pekerjaan. Itulah mengapa kita harus memikirkan bagaimana menyiapkan planning – planning dalam finansial kita sendiri.

Seperti seorang karyawan yang harus menyadari bahwa suatu saat ia harus berhent bekerja . jika seseorang telah melakukan perencanaan keuangan dengan baik sejak awal , maka ketika mendekati usia pensiun dia tidak akan cemas lagi tentang financialnya.

Tidak ada kata terlambat untuk mempersiapkannya sebelum kita benar – benar pensiun.
Caranya yaitu dengan :

1. Tentukan tujuan keuangan

Banyak orang yang datang ke perencana keuangan professional untuk menanyakan masalah keuangannya, yang menjadi masalah adalah bukan karena tidak punya uang.

Tapi bagaimana kita menggunakan uang tersebut. Kita perlu menabung dan menentukan untuk apa tujuan kita menabung tersebut. Jangan sampai tabungan kita nantinya malah habis karena untuk memenuhi keinginan kita saja.

2. Membuat catatan kebutuhan

Dalam hal ini dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder sedangkan untuk kebutuhan tersier seringkali tidak dianggap sebagai kebutuhan, karena tidak memengaruhi kehidupan manusia, ada juga kebutuhan berdasarkan waktu yaitu sekarang, masa yang akan datang, dan tidak terduga.

3. Menyiapkan dana darurat

Setelah memiliki penghasilan segeralah untuk membuka rekening dana darurat. Jangan menunggu sampai terjadi sesuatu yang tidak terduga, ingatlah bahwa semuanya bisa dipersiapkan.

4. Membeli asuransi

Karena hidup penuh dengan resiko, maka asuransi ini sangat penting bagi finansial.

5. Menabung

Anggaplah menabung menjadi sebuah keharusan dalam hidup kita.

6. Investasi

Mulailah investasi sedini mungkin, semakin muda memulai investasi, semakin lama mengumpulkan uang. Semakin banyak juga uang yang kita miliki di masa depan.

7. Utang

Pikirkan apakah kita benar – benar perlu berhutang dan sangat membutuhkan utang itu atau tidak?

8. Pikirkan biaya pendidikan anak

Menabunglah khusus untuk pendidikan anak kita kelak walaupun saat ini kita belum memiliki kekasih sekalipun.

9. Persiapan pensiun

Penting untuk kita lakukan 8 point di atas untuk mempersiapkan masa pensiun kita meskipun kita baru saja bekerja.

10. Segera buat perencanaan keuangan.

Baca juga :